Penting! Ini Tanaman Untuk Kamar Pengap

penting-ini-tanaman-untuk-kamar-pengap

Kamar kos yang penuh dengan barang dan minim ventilasi berpotensi tinggi menjadi pengap dan membuat sumpek penghuninya.

Sebagai salah satu cara lami, Anda bisa meletakkan tanaman untuk kamar pengap di dalamnya. Tidak perlu tanaman yang berukuran besar, sesuaikan saja ukuran tanaman yang sekiranya bisa diletakkan di atas meja belajar ataupun tepi jendela kamar. Selain menghilangkan pengap, tanaman ini juga bisa menghilangkan zat-zat berbahaya dalam udara.

Baca Juga: Tinggal di Perkotaan? Pahami 8 Penyebab Pencemaran Udara dan Solusinya

Rekomendasi Tanaman untuk Kamar Pengap

Berikut ialah beberapa rekomendasi tanaman untuk kamar pengap yang bisa digunakan agar suasana kamar menjadi lebih nyaman dan udara lebih segar dan sehat:

1. Sirih Gading

Sirih gading atau kerap disebut devil’s Ivy merupakan salah satu tanaman untuk kamar pengap yang cukup populer di Indonesia. tanaman ini berfungsi menguraikan kandungan karbon monoksida dan formaldehid yang terkandung dalam asap rokok.

Disamping fungsinya sebagai pembersih udara, tanaman ini juga minim perawatan dan bisa hidup dalam ruangan minim cahaya matahari. Itu sebabnya, jenis tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai pembersih udara alami di dalam kamar.

2. Anthurium

Tanaman untuk kamar pengap selanjutnya yakni anthurium. Selain bentuknya yang unik dan eksotik, tanaman ini juga mampu menyerap zat-zat buruk seperti toluena ataupun formaldehida.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga mampu menyerap polusi-polusi lain seperti penggunaan alat atau mesin-mesin tertentu seperti misalnya mesin printer.

Itu sebabnya, tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai penyaring udara, terlebih jika memiliki printer dalam kamar.

3. Walisongo

Schefflera atau lebih familiar disebut Walisongo ialah salah satu tanaman penyaring udara yang tidak membutuhkan perawatan khusus. Tanaman ini memiliki batang yang cukup kokoh dan dauan yang glossy.

Tidak jauh dengan tanaman untuk kamar pengap lainnya, walisongo juga bisa menyerap zat-zat berbahaya dalam udara seperti toluena, benzena dan formaldehida. Selain itu, tanaman ini juga ampuh menyaring polusi akibat asap rokok.

4. Pakis

Pakis termasuk jenis tanaman yang kerap dijumpai tumbuh secara liar di kebun ataupun pinggir-pinggir jalan. Namun, tidak jarang juga orang yang memelihara tanaman ini di dalam rumah.

Selain bentuknya yang unik dan cocok dijadikan sebagai tanaman hias, pakis juga berkhasiat untuk menyaring udara yang telah terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya. Adapun beberapa zat yang dapat terurai ialah zat dari cat kuku, xilena dan toluena.

5. Peace Lily

Peace Lily merupakan salah satu jenis bunga lily yang memiliki warna putih bersih sehingga tidak heran jika banyak disukai oleh kaum wanita.

Tanaman ini kerap digunakan sebagai tanaman hiasan tidak hanya karena parasnya yang cantik, melainkan adanya fungsi lain yakni sebagai penghilang racun berbahaya dalam udara.

Adapun beberapa racun yang dapat ternetralisir dengan peace lily ialah xylene, aseton, alkohol, amonia, benzena, formaldehida dan asetat. Tidak hanya membersihkan udara, tanaman ini juga memberikan efek segar dan harum dalam ruangan.

6. Palem

Palem merupakan salah satu jenis tanaman sawit yang bisa menyaring polusi dalam udara. Tanaman ini mampu menetralisir udara yang telah terkena polusi seperti karbon monoksida dan asap rokok.

Dengan begitu, tanaman ini sangat cocok diletakkan di dalam kamar, terlebih jika Anda merupakan perokok aktif. Fungsi ini dapat diperoleh dari semua jenis palem, baik itu palem putri, palem waregu, palem kuning dan lain-lain.

Disamping menggunakan beberapa tanaman untuk kamar pengap di atas, Anda juga bisa membeli produk pembersih udara Smart Ionizer dari Zero 2.5 Indonesia. Segera beli dan dapatkan produk tersebut agar udara lebih segar dan terbebas dari pengap. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Deretan Negara dengan Kualitas Udara Terbaik Dunia

Jika Anda menggunakan air ionizer Zero 2.5, dijamin kualitas udara rumah akan semakin bersih. Anda bisa menggunakan produk ini dan tanaman penyaring udara secara bersamaan agar kesehatan keluarga semakin terjamin. Jika Anda tertarik untuk mempelajari tips seputar udara dan kesehatan respiratori lainnya, klik di sini. Untuk informasi terkait air ionizer produk Zero 2.5 lainnya, klik di sini.

Related News

cara-kerja-penghisap-asap-dapur

Cara Kerja Penghisap Asap Dapur

Cooker Hood atau alat penghisap asap dapur merupakan salah satu alat yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki dapur tanpa ventilasi. Cara kerja penghisap asap

More »