Deretan Alasan Udara Bersih Penting untuk Kesehatan

alasan-udara-bersih-penting-untuk-kesehatan

Manusia memerlukan udara bersih untuk hidup sehat.

Namun sayangnya, sekarang ini polusi ada dimana-mana sehingga udara segar semakin berkurang. Terutama di jalan raya yang mana asap dari knalpot kendaraan dan pabrik memenuhi udara.

Mendapatkan akses udara segar bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan pernapasan saja. Namun juga berguna untuk menjaga kualitas mental. Jadi sangat penting untuk menjaga kualitas udara di sekitar Anda.

Baca Juga: Jenis-jenis Pencemaran Udara yang Wajib Anda Tahu

Banyak cara bisa diterapkan untuk menjaga kualitas udara. Seperti gerakan menanam pohon dan mengurangi aktivitas menggunakan kendaraan bermotor. Kualitas yang terjaga akan membuat manusia yang menghirupnya hidup sehat dan bugar.

Alasan Udara Bersih Penting untuk Kesehatan Fisik

Udara segar sangat berpengaruh pada kesehatan fisik manusia, terutama pada bagian sistem pernapasan. Namun selain itu juga masih ada manfaat lainnya. Simak alasan mengapa perlu menjaga kualitas oksigen di sekitar Anda.

1. Merawat Alat Pernapasan

Udara bersih begitu penting dalam memelihara alat pernapasan dalam tubuh. Jika ada banyak polutan seperti sisa pembakaran kendaraan bermotor, maka akan menyebabkan berbagai masalah pernapasan.

Gangguan kesehatan yang mungkin timbul akibat menghirup polutan ialah sesak napas, batuk, hingga radang tenggorokan. Oleh sebab itu, perlu untuk meminimalisir polutan yang mengotori atmosfer bumi.

Sementara jika menghirup oksigen yang bersih, paru-paru akan terasa lega dan saluran pernapasan juga lancar. Tidak akan terasa berat untuk bernapas. Hasilnya, paru-paru bersih dan sehat.

2. Memperpanjang Umur

Udara bersih mampu menghindarkan Anda dari kematian karena keracunan gas. Apabila Anda menghirup oksigen yang bercampur dengan polutan atau racun berbahaya, maka bisa menyebabkan kematian.

3. Mencegah Terserang Penyakit Berat

Menghirup udara segar juga akan mencegah Anda terserang berbagai jenis penyakit berat. Misalnya saja sakit jantung, stroke sampai kanker. Hal ini karena tidak ada racun yang masuk ke dalam sistem pernapasan dan pembuluh darah.

Sebenarnya tidak hanya penyakit berat. Namun menghirup oksigen bersih tanpa ada polutan atau racun di dalamnya bisa membuat tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Sebab sistem kekebalan tubuh semakin menguat.

Sistem kekebalan tubuh didukung oleh sel darah putih yang mampu melawan penyakit. Jadi, oksigen bersih yang Anda hirup akan menjaga kesehatan sel darah putih. Sehingga mampu menghancurkan bakteri, virus atau kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Alasan Udara Bersih Penting untuk Kesehatan Mental

Menghirup oksigen yang segar dari alam tidak hanya berguna untuk kesehatan fisik saja. Namun mampu menunjang mental Anda agar selalu sehat. Berikut ini ulasannya.

1. Meningkatkan Fokus

Udara bersih mampu meningkatkan fokus. Mengapa? Karena aliran oksigen ke otak sangat lancar tanpa terhalang polutan atau racun. Sehingga Anda juga bisa berpikir dengan lebih jernih dan segar.

Fokus yang terjaga dan pikiran segar bisa membuat Anda beraktivitas secara maksimal. Bahkan juga terasa lebih bersemangat. Tidak ada lagi rasa malas untuk belajar atau bekerja.

2. Meningkatkan Mood

Mood adalah hal penting yang mampu mempengaruhi perasaan. Udara bersih akan membantu meningkatkan mood sehingga perasaan menjadi lebih ringan dan bahagia. Mood yang baik juga akan menghindarkan diri dari stress.

Apabila Anda merasa bosan, coba saja pergi keluar rumah menuju tempat yang rindang dipenuhi pohon. Seperti taman kota yang dipenuhi pohon-pohon sejuk. Udara segar akan membantu meredakan rasa bosan dan membuat tubuh rileks.

Tubuh bisa menjadi rileks karena udara segar dari pepohonan membantu menurunkan tekanan darah. Anda akan merasa lebih segar ketika menghirup oksigen langsung dari pohon tanpa terkontaminasi polutan.

Baca Juga: Cara Menjaga dan Mempertahankan Udara Bersih

Menjaga kebersihan lingkungan adalah kewajiban setiap manusia. Dengan menjaga kualitas lingkungan, udara bersih akan tercipta sehingga mampu membuat tubuh menjadi sehat, segar dan bugar. Jika Anda tertarik untuk mempelajari tips seputar udara dan kesehatan respiratori lainnya, klik di sini. Untuk informasi terkait air ionizer produk Zero 2.5 lainnya, klik di sini.

Related News

cara-kerja-penghisap-asap-dapur

Cara Kerja Penghisap Asap Dapur

Cooker Hood atau alat penghisap asap dapur merupakan salah satu alat yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki dapur tanpa ventilasi. Cara kerja penghisap asap

More »