Cara Menjaga dan Mempertahankan Udara Bersih

cara-menjaga-dan-mempertahankan-udara-bersih

Udara bersih adalah kebutuhan pokok setiap makhluk hidup.

Terutama untuk manusia, udara bersih adalah sumber kehidupan yang digunakan untuk bernafas. Bukan hanya keberadaannya namun kualitasnya perlu diperhatikan. Di wilayah perkotaan baik di dalam maupun luar rumah, kualitas udara semakin tidak bagus. Kondisi ini disebabkan karena polusi dari asap kendaraan bermotor, sisa pembakaran, dan asap rokok.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pencemaran Udara yang Wajib Anda Tahu

Apabila dihirup dalam jangka panjang bukan tidak mungkin kesehatan akan terganggu. Bukan hanya manusia tapi juga hewan di sekitarnya. Untuk menjaga kesehatan pernafasan, kualitas tersebut perlu diperbaiki.

Ciri Udara Bersih dan Berkualitas

Dalam rangka mengembalikan kualitas udara yang sehat, Anda perlu mengetahui seperti apa cirinya. Dapat diamati secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Berikut poin-poin indikatornya.

1. Tidak Berbau

Tidak ada bau yang menyertai saat Anda menghirup untuk bernafas. Ini menandakan tidak ada campuran gas seperti ammonia yang terdapat pada sampah dan kotoran. Kondisi ini masih aman bagi kesehatan.

2. Tidak Berwarna

Adakah udara yang berwarna? Tentu saja ada, contoh di perkotaan besar apabila malam hari seperti semburat merah, menandakan adanya pencemaran dari belerang maupun asap kendaraan bermotor.

Kadar oksigen (O2) tinggi dalam udara di alam tidak menimbulkan warna. Jika masih dalam kategori sehat yang terlihat adalah jernih bebas dari partikel apapun.

3. Tidak Berasa

Jika Anda merasakan seperti terdapat aftertaste di tenggorokan atau lidah, perlu waspada. Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda terdapat pencemaran sehingga oksigen tercampur dengan partikel halus seperti debu.

4. Sejuk

Kondisi normalnya saat bernafas akan terasa kesejukan. Menandakan udara bersih konsentrasi O2 tinggi dan murni. Biasa didapat di daerah pedesaan atau pegunungan, minim asap kendaraan bermotor.

5. Tidak Menimbulkan Masalah Pernapasan

Anda tidak merasa seperti sesak, batuk atau lemas selama berada di suatu ruangan. Ini menandakan udara di sekitar Anda masih sehat dan ideal tanpa zat berbahaya di dalamnya.

5 Cara Menjaga Udara Bersih

Banyaknya resiko seiring perkembangan jaman, mengharuskan setiap orang untuk menjaga kualitas kebersihan udara di sekitarnya. Anda juga dapat mengupayakannya dalam 5 cara seperti berikut ini.

1. Penghijauan dengan Menanam Pohon

Penanaman pohon dapat dilakukan di area sekitar rumah. Sirkulasi yang dihasilkan dari proses respirasi dan metabolisme pohon hijau tersebut menghasilkan O2 dalam jumlah berlimpah dari penyaringan karbondioksida.

2. Mengurangi Emisi

Emisi merupakan gas karbon yang dihasilkan dari cerobong asap atau kendaraan bermotor. Untuk menguranginya bisa dengan pemasangan filter dan maintenance mesin secara berkala.

3. Mengurangi Kebiasan Merokok

Asap rokok yang terhirup menyebabkan gangguan pernapasan hingga resiko kanker paru-paru. Agar terbebas dari resiko ini sebisa mungkin Anda harus mengurangi kebiasaan merokok serta menjauhkan diri dari orang-orang yang sedang merokok.

4. Meminimalisir Penggunaan Gas Freon

Gas Freon mencemari udara bersih serta merusak lapisan ozon menyebabkan pemanasan global yang mengancam kehidupan makhluk hidup. Gas berbahaya ini terdapat dalam aerosol seperti parfume, AC dan kulkas.

Untuk mengurangi penggunaannya Anda bisa mengalihkan dengan memakai kulkas non CFC. Mengurangi penggunaan AC mengganti dengan yang lebih nature friendly dan menggunakan parfume non-aerosol.

5. Menggunakan Air Ionizer di dalam Ruangan

Ini merupakan alat berbentuk clip on yang dipasang bersamaan dengan tanaman Sansevieria. Fungsinya untuk menangkap polutan dengan ion negatif yang dikeluarkannya kemudian menjatuhkannya ke lantai. Sehingga tidak polutan tidak terhirup.

Baca Juga: 4 Negara dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia

Kebersihan dan kualitas udara sehat perlu dipertahankan. Bukan hanya untuk kebutuhan hidup Anda saat ini namun juga generasi berikutnya. Menjaga udara bersih bisa dimulai dari rumah sejak dini. Jika Anda tertarik untuk mempelajari tips seputar udara dan kesehatan respiratori lainnya, klik di sini. Untuk informasi terkait air ionizer produk Zero 2.5 lainnya, klik di sini.

Related News

cara-kerja-penghisap-asap-dapur

Cara Kerja Penghisap Asap Dapur

Cooker Hood atau alat penghisap asap dapur merupakan salah satu alat yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki dapur tanpa ventilasi. Cara kerja penghisap asap

More »