6 Tanaman Hias Indoor yang Sangat Cocok Buat Kesehatan

tanaman-hias-indoor-yang-cocok-buat-kesehatan

Menghias rumah adalah salah satu kegiatan yang umum dilakukan dalam rangka membuat rumah terlihat indah.

Anda dapat menghias rumah anda dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan cat dinding dengan warna yang menarik, hingga menambahkan tanaman hias dalam ruangan anda. Tanaman hias dalam ruangan merupakan salah satu alternatif dalam menghias rumah agar terlihat indah dan bersih. Selain itu, Tanaman hias dalam ruangan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikis anda.

Baca Juga: 8 Tanaman Penyaring Udara yang Cocok digunakan di Restoran Anda

6 Tanaman Hias Indoor Yang Cocok Untuk Kesehatan

Tanaman hias indoor merupakan jenis tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan, seperti rumah maupun kantor. Tanaman hias ini umumnya tidak memerlukan matahari dalam proses pertumbuhannya. Namun, tetap saja anda perlu menyiramnya dengan kadar air yang diperlukan oleh tanaman hias tersebut.

Tanaman hias dalam ruangan memiliki fungsi untuk dekorasi dan juga kesehatan. Tanaman ini mampu meningkatkan kualitas udara dengan cara menyerap senyawa polutan seperti karbondioksida. Selain itu, tamanan hias juga mampu mengurangi mikroba yang beterbangan dan membantu meningkatkan kelembaban ruangan.

Setelah anda mengetahui tentang tanaman hias indoor dan manfaatnya, berikut ini disajikan beberapa jenis dari tanaman hias tersebut.

1. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua memiliki bentuk yang unik dengan daun tebal yang runcing di bagian ujung layaknya seperti sebuah pedang. Selain itu, warna yang dimiliki oleh tanaman lidah mertua juga beragam, mulai dari warna hijau polos, hingga perpaduan warna hijau dan kuning.

Tanaman lidah mertua mampu hidup dengan perawatan yang minim. Ia dapat tumbuh dengan baik, meskipun diletakkan jauh dari paparan sinar matahari. Namun, tentu saja, anda perlu menyiram tanaman ini ketika lapisan atas tanah benar-benar kering.

2. Tanaman Sirih Gading

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Epipremnum aureum ini,  justru akan mati apabila terlalu banyak mendapatkan sinar matahari. Selain itu, perawatan yang berlebihan, terutama dalam hal penyiraman juga dapat membunuh tanaman ini. Oleh karena itu, tanaman sirih gading sangat cocok bagi anda yang sering lupa untuk menyiram tanaman.

3. Suplir

Tanaman suplir memiliki bentuk yang cantik, namun cenderuung rumit dalam perawatannya. Anda harus menjaga tanaman ini agar tidak menerima terlalu banyak maupun terlalu sedikit air. Selain itu, anda tidak boleh menyiram tanaman ini dari atas. Anda disarankan meletakkan tanaman ini di ruangan yang lembab, seperti kamar mandi.

4. Tanaman Laba-Laba

Memiliki bentuk layaknya rumput liar, namun memiliki perpaduan warna yang menarik, tanaman laba-laba dapat dijadikan salah satu tanaman hias indoor yang mampu menghiasi ruangan anda. Tanaman ini umumnya diletakkan pada pot dan kemudian digantung. Dalam perawatannya, ada baiknya anda memotong daun-daun yang mati atau hampir layu, karena hal tersebut akan memicu tanaman menghasilkan energi untuk pertumbuhan daun yang baru.

5. Tanaman Bunga Cendrawasih

Tanaman bunga cendrawasih merupakan salah satu tanaman hias indoor dengan tampilan bunga yang indah. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak perawatan. Anda hanya perlu memastikan tanahnya lembab, namun tidak pernah basah. Oleh karena itu, ada baiknya menggunakan drainase yang tepat pada pot tanaman.

6. Tanaman Ivy

Tanaman Ivy merupakan tanaman hias gantung yang mudah dalam perawatannya. Anda hanya perlu menyiraminya apabila tanaman ini benar-benar kering. Selain itu, Anda tidak perlu memangkasnya, kecuali apabila anda menginginkan daun tanaman yang lebih lebat.

Baca Juga: Ini Adalah Tanaman Penyaring Udara Kotor yang Dapat Anda Tanam di Rumah

Demikian beberapa jenis tanaman hias indoor yang cocok untuk kesehatan. Anda juga dapat membuat rumah anda lebih sehat dengan cara menggunakan Air Ionizer pada ruangan anda. Salah satu produk dari Air Ionizer adalah Smart Ionizer SI210 (untuk informasi lebih lanjut seputar produk anda dapat klik disini). Jika Anda tertarik untuk mempelajari tips seputar udara dan kesehatan respiratori lainnya, klik di sini. Untuk informasi terkait air ionizer produk Zero 2.5 lainnya, klik di sini.   

Related News

cara-kerja-penghisap-asap-dapur

Cara Kerja Penghisap Asap Dapur

Cooker Hood atau alat penghisap asap dapur merupakan salah satu alat yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki dapur tanpa ventilasi. Cara kerja penghisap asap

More »