Upaya Mengurangi Pencemaran Udara yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

upaya-mengurangi-pencemaran-udara-zero-2-5-udaraion

Apakah upaya mengurangi pencemaran udara penting dilakukan?

Upaya mengurasi pencemaran udara penting untuk Anda lakukan, hal itu karena pencemaran udara tidak hanya terjadi di jalanan saja, tapi juga di lingkungan tempat tinggal. Bahkan menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa polusi di dalam ruangan lebih berbahaya dibandingkan luar ruangan. Hal itu karena peluangnya untuk mencapai organ paru-paru lebih besar dibandingkan polusi jalanan. Polutan skala rumahan sendiri biasanya dihasilkan dari peralatan yang menimbulkan asap, bulu hewan peliharaan, debu, tungau, jamur dan lainnya. Jika terus dibiarkan maka akan memicu gejala seperti sesak nafas, batuk, sakit tenggorokan, kulit gatal-gatal hingga serangan asma.

Baca Juga: Pentingnya Kalung Air Purifier bagi Kesehatan Anda

Berbagai Upaya Mengurangi Pencemaran Udara di Rumah

Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, mulai sekarang Anda wajib melakukan berbagai upaya untuk mengurangi pencemaran udara di dalam rumah. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Meningkatkan Ventilasi Udara

Pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang baik dengan meningkatkan ventilasi. Dianjurkan untuk tidak menutup jendela atau pintu terlalu rapat Agar udara didalam tidak menjadi lembab. Anda juga bisa memasang exhaust fan yang yang bertujuan untuk mendapatkan sirkulasi udara di dalam ruangan tetap baik.

2. Teratur Membersihkan AC

Jika di rumah Anda menggunakan AC maka sebaiknya lakukan pembersihan secara teratur. Jangan biarkan bagian penyaring udaranya kotor dan berlumut karena bisa menjadi sarang bakteri

3. Menggunakan HEPA Filter

Alat penyedot debu ini diyakini bisa membuat udara didalam ruangan menjadi lebih bersih. Selain itu juga bisa mengurangi polusi dalam rumah, sehingga sangat direkomendasikan bagi yang anggota keluarganya memiliki riwayat asma atau alergi debu

4. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia

Jika memungkinkan Anda bisa memprioritaskan daftar bahan atau peralatan rumah tangga yang berbahan alami. Sebisa mungkin hindari barang-barang yang mengandung bahan kimia. Terutama bagi yang anggota keluarganya memiliki reaksi berlebih terhadap zat tertentu. Maka wajib memastikan untuk memperhatikan setiap produk yang akan dibeli agar sirkulasi udara dalam rumah tidak mengandung zat kimia berbahaya.

5. Menjaga Kebersihan Perabot Rumah Tangga

Upaya mengurangi pencemaran udara lainnya yaitu dengan membersihkan perabot rumah tangga secara berkala. Seperti tirai, sofa, langit-langit rumah, dan tempat-tempat yang jarang terjangkau tapi sangat kotor. Terutama pada penggunaan tirai jendela sebaiknya diganti paling tidak setiap 2 minggu atau 1 bulan. Meskipun tidak terlihat kotor tapi banyak debu dan kotoran yang menempel pada tirai di rumah.

6. Ventilasi Udara Saat Memasak

Saat memasak seringkali menimbulkan uap yang menyebar ke seluruh ruangan di dalam rumah. Anda bisa menggunakan alat khusus untuk mengalirkan uap tersebut atau membuka jendela dan pintu ketika memasak.

7. Menggunakan Charcoal

Charcoal merupakan zat karbon aktif yang berfungsi untuk mengurangi polusi udara dalam ruangan. Produk tersebut tidak menimbulkan bau sehingga aman dan tidak mengganggu meskipun digunakan dalam rumah.

8. Memakai Ionizer

Agar keluarga senantiasa selalu sehat dan mendapatkan sirkulasi udara terbaik Anda disarankan memakai ionizer. Ionizer berfungsi untuk meningkatkan ion-ion negatif ke udara dimana akan mengikat partikel debu, kuman, bakteri dan virus selalu menjatuhkannya ke permukaan lantai agar mudah dibersihkan. Seperti produk Smart Ionizer dari Zero 2.5 yang bisa diandalkan. Produk-produk ionizer yang ditawarkan meliputi Smart Ionizer SI210, Air Marble CF4000, kalung ionizer WI 1100, kalung ionizer WI 1200, kalung ionizer WI 1300 dan ionizer mobil CI 1100.

Baca Juga: Berikut Pengertian Pencemaran Udara, Air Quality Monitor Zero 2.5 Solusinya

Jangan ditunda, berbagai upaya mengurangi pencemaran udara seperti sudah kami bahas di atas harus Anda mulai dari sekarang juga sebelum terlambat. Pelajari tips seputar udara dan kesehatan respiratori di sini. Apabila Anda tertarik untuk memiliki air ionizer, jatuhkan pilihan pada Zero 2.5 dengan kualitas terbaik. Untuk mengetahui keunggulan dan beragam produk air ionizer dari Zero 2.5, klik di sini! 

Related News

cara-kerja-penghisap-asap-dapur

Cara Kerja Penghisap Asap Dapur

Cooker Hood atau alat penghisap asap dapur merupakan salah satu alat yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki dapur tanpa ventilasi. Cara kerja penghisap asap

More »