Apa Saja Penyebab Terjadinya Polusi Udara di Sekitar Anda?

penyebab-terjadinya-polusi-udara-zero-2-5-udaraion

Ada berbagai penyebab terjadinya polusi udara

Kendaraan bermotor, pabrik, industri, area konstruksi dapat menjadi berbagai penyebab terjadinya polusi udara  di daerah perkotaan. Masyarakat yang tinggal di lingkungan tercemar seperti itu tentu akan mudah mengalami gangguan kesehatan. Partikel-partikel berukuran mikroskopis tersebut bisa masuk ke dalam tubuh dengan mudah saat kita bernapas bahkan dapat menyerap melalui permukaan kulit. Apabila tubuh terus dibiarkan mendapatkan pasokan polutan maka bisa mengakibatkan masalah yang lebih serius. Seperti mengalami gangguan pernapasan, radang paru-paru, infeksi virus dan bakteri hingga mengalami kanker.

Baca Juga: 5 Ancaman Sirkulasi Udara yang Buruk Bagi Kesehatan Keluarga Anda

Mengenal Penyebab Terjadinya Polusi Udara di Lingkungan

Kualitas udara di daerah pedesaan dengan perkotaan tentu saja jauh berbeda. Hal itu karena di daerah perkotaan sangat banyak aktivitas-aktivitas yang menyebabkan terjadinya polusi udara, seperti diantaranya sebagai berikut:

1. Kendaraan Bermotor

Baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum berpotensi menyumbangkan udara tercemar ke lingkungan. Kendaraan-kendaraan tersebut menggunakan bahan bakar yang akan menghasilkan gas buang dengan kandungan karbon monoksida tinggi. Terutama di daerah Jakarta yang tercatat sebagai penyumbang pencemaran udara terbesar di Indonesia. Hal itu karena penduduknya yang padat dan banyak sekali pengguna kendaraan bermotor. Hingga saat ini Pemerintah juga selalu berupaya untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dengan memperbanyak angkutan angkutan umum seperti busway, KRL dan lainnya.

2. Asap Rokok

Sering dianggap sepele, padahal asap rokok juga bisa menjadi polutan yang sangat sering kita temui sehari-hari. Kebiasaan merokok tersebut tidak hanya berdampak buruk bagi diri sendiri tapi juga orang-orang di sekitar. Asap rokok dengan mengandung senyawa-senyawa berbahaya tersebut akan terakumulasi dengan udara di lingkungan. Sehingga orang-orang meskipun tidak merokok sekalipun bisa mendapatkan dampak negatifnya, seperti mudah mengalami sesak napas.

3. Asap Pabrik

Penyebab terjadinya polusi udara lainnya yaitu dihasilkan dari asap pabrik. Pada sebagian besar industri pengolahan banyak mengeluarkan gas buang dalam bentuk asap yang mengandung zat-zat tercemar. Tentu saja udara di lingkungan sekitar pabrik juga akan ikut tercemar. Jika Anda sering melihat cerobong pabrik yang mengeluarkan asap berwarna coklat hingga kehitam-hitaman maka itu merupakan penyumbang gas karbon di udara. Pencemaran udara yang disebabkan oleh asap pabrik juga berpotensi memicu terjadinya hujan asam.

4. Limbah Rumah Tangga

Banyak orang belum menyadari bahwa limbah yang dihasilkan dari rumah tangga juga kerap menjadi penyebab pencemaran udara. Beberapa kegiatan seperti membakar sampah, penggunaan peralatan rumah tangga, mengecat rumah dan lain sebagainya bisa mencemari udara sekitar. Terutama pada pembakaran sampah, aktivitas tersebut menyebabkan menguapnya bahan-bahan kimia berbahaya ke udara. Itulah mengapa sangat penting menjaga lingkungan yang dimulai dari diri sendiri.

Dari berbagai penyebab udara kotor di atas bisa mengakibatkan masalah yang lebih serius kaitanya dengan kesehatan. Seseorang akan lebih rentan mengalami gangguan pernapasan, radang paru-paru hingga pemicu kanker. Lalu apakah ada solusi untuk mengurangi pencemaran? Tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan produk Zero 2.5 seperti Smart Ionizer SI210, Air Marble CF4000 dan Ionizer CI 1100 khusus mobil. Produk-produk tersebut dapat meminimalisir dan mengurangi pencemaran udara di indoor, sedangkan untuk outdoor bisa menggunakan produk kalung ionizer WI 1100, kalung ionizer WI 1200 dan kalung ionizer WI 1300.

Baca Juga: Ini Adalah Akibat Polusi Udara bagi Kesehatan Anda

Yuk, lebih peduli dengan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Jangan sampai berbagai penyebab terjadinya polusi udara di atas menyebabkan penyakit-penyakit yang mengganggu kesehatan Anda. Pelajari tips seputar udara dan kesehatan respiratori di sini. Apabila Anda tertarik untuk memiliki air ionizer, jatuhkan pilihan pada Zero 2.5 dengan kualitas terbaik. Untuk mengetahui keunggulan dan beragam produk air ionizer dari Zero 2.5, klik di sini! 

Related News

cara-kerja-penghisap-asap-dapur

Cara Kerja Penghisap Asap Dapur

Cooker Hood atau alat penghisap asap dapur merupakan salah satu alat yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki dapur tanpa ventilasi. Cara kerja penghisap asap

More »